Cek Kondisi Oli
Oli mesin ini sangat penting peranannya untuk melumas komponen-komponen mesin, seperti stang saher, saher, dan ring saher, kruk as dan noken as atau stang klep. Oleh karena itu, jika keberadaan minyak pelumas sudah berwarna kehitam-hitaman atau kelenturan daya lumasnya berkurang, maka sebaiknya diganti. Ganti oli secara periodic dan gunakan sesuai dengan rekomendasi Honda
Tip Memilih Oli Mesin
Atau yang terbaik adalah dengan oli yang memiliki grade yang tinggi pada API nya. biasanya dipasaran SG, SM dan SL semakin kebelakang semakin bagus atau tinggi dan pada saat artikel ini dibuat sudah ada yang sampai SM. SAE (kekentalan oli) sesuai dengan anjuran pabrik motor atau sesuai dengan pabrik pembuat oli juga bisa dijadikan rekomendasi. Nah percaya siapa .. yang bikin motor atau Oli ya ... kalau saya ga percaya 2 2 nya yang penting adalah sesuai dengan ajuran pabrik, grate oli tertinggi dan harga yang paling murah (tentunya dengan grade API tertinggi)
Pengalaman gonta ganti oli dari yang sedang sampai yang mahal, akhirnya pilihan saya jatuh pada oli HX7, nah karena saya bukan pesan sponsor silahkan dicari merek apa saja. Yang jelas grade API sudah SM, atau lebih, SAE untuk motor skutik ok lah ... 10 - 40. Jika di pakai sampai 5000 km masih tetap terasa baru .....
Jika pabrik merekomendasikan mengunakan merek tertentu karena memang mereka mempunyai kepentingan bisnis atau anak persusahaannya. Jadi yang terpenting adallah masalah kekentalan SAE dan API tertinggi. Demikian pula dengan merk motor lainya seperti Yamaha, suzuki ataupun kawasaki dll.
Jangan lupa cek ketinggian oli setiap 1 bulan atau 2 minggu sekali. Jika kurang bisa ditambah sesaui dengan garis pada petunjuk.
Atau yang terbaik adalah dengan oli yang memiliki grade yang tinggi pada API nya. biasanya dipasaran SG, SM dan SL semakin kebelakang semakin bagus atau tinggi dan pada saat artikel ini dibuat sudah ada yang sampai SM. SAE (kekentalan oli) sesuai dengan anjuran pabrik motor atau sesuai dengan pabrik pembuat oli juga bisa dijadikan rekomendasi. Nah percaya siapa .. yang bikin motor atau Oli ya ... kalau saya ga percaya 2 2 nya yang penting adalah sesuai dengan ajuran pabrik, grate oli tertinggi dan harga yang paling murah (tentunya dengan grade API tertinggi)
Pengalaman gonta ganti oli dari yang sedang sampai yang mahal, akhirnya pilihan saya jatuh pada oli HX7, nah karena saya bukan pesan sponsor silahkan dicari merek apa saja. Yang jelas grade API sudah SM, atau lebih, SAE untuk motor skutik ok lah ... 10 - 40. Jika di pakai sampai 5000 km masih tetap terasa baru .....
Jika pabrik merekomendasikan mengunakan merek tertentu karena memang mereka mempunyai kepentingan bisnis atau anak persusahaannya. Jadi yang terpenting adallah masalah kekentalan SAE dan API tertinggi. Demikian pula dengan merk motor lainya seperti Yamaha, suzuki ataupun kawasaki dll.
Jangan lupa cek ketinggian oli setiap 1 bulan atau 2 minggu sekali. Jika kurang bisa ditambah sesaui dengan garis pada petunjuk.
Cek Kondisi Aki
Oleh karena itu, jika terjadi hal itu, arus listrik yang dihantarkan baterei
atau accu tidak sempurna dan bisa menyebabkan kerusakan pada komponen dinamo,
kontak mesin maupun switch lampu. Satu hal yang perlu diperhatikan jika accu
sudah lemah atau tidak mampu di starter dan distarter, jangan dipaksakan dengan
mendorong sepeda motor untuk menghidupkannya. Sebab bisa merusak gigi
transmisi.
Saat ini banyak air accu/ aki yang sudah tidak bersifat asam boleh dibilang
mendekatai PH netral dan biasanya kemasannya sudah seperti air mineral bukan
seperti jaman dulu.
Periksa
Rantai dan Gir
Jangan
biarkan rantai terlalu kendor, atau terlalu kencang. Terlalu kendor bisa
membuat rantai copot dari girnya, sementara terlalu kencang bisa mengakibatkan
putus rantai. Cek juga kondisi gir, jika sudah tajam segera ganti karena jika
tidak rantai bisa tiba-tiba putus. Bahaya kan, kalo lagi ngebut tiba-tiba putus
rantai?
Tip Merawat Rantai
Melumasi rantai jangan menggunakan oli bekas atau gemuk karena memang tidak direkomendasikan untuk melumasi rantai. Jika ini dilakukan maka akan terjadi penggumpalan karena jenis pelumas diatas akan mengikat pasir, debu atau kotoran-kotoran di jalan apalagi motor honda sekarang tidak menggunakan tutup rantai.
Pelumas yang baik bisa menggunakan pelumas khusus rantai bisa literan atau model sprayer. Dengan memakai pelumas khusus ini maka kotoran, debu, pasir tidak akan menempel dan rantai akan terlihat bersih selalu.
Selama saya memakai motor biasanya saya menggunakan rantai buatan SGP atau YM yang lebih awet dan ukuran tentunya sama. Motor bebek biasanya 420 - 104. Masalah harga bersaing namun lebih kuat dari genuine part nya.... bisa di buktikan. Namun jika anda berkantong pas-pasan, saya rekomendasikan memakai merek Indopart atau kembali ke Genuine part aslinya.
Untuk Gear biasanya saya mencari genuine part dari honda namun honda thailand karena lebih kuat yang jadi faktor utama adalah jenis bahan yang digunakan kualitasnya jauh lebih baik. Nah kalau ga ketemu juga genuine Thailand bisa pakai merek sun star karena memang sunstar adalah vendor honda di thailand dan di Indonesia sudah banyak yang masuk.
Kalau lokasi anda dekat atau di selatan jakarta yang murah dan bagus bisa ke daerah ''Batass" atau di impres karena biasanya saya beli biasa di 2 tempat tersebut.
Periksa Kabel Koil dan Busi
Melumasi rantai jangan menggunakan oli bekas atau gemuk karena memang tidak direkomendasikan untuk melumasi rantai. Jika ini dilakukan maka akan terjadi penggumpalan karena jenis pelumas diatas akan mengikat pasir, debu atau kotoran-kotoran di jalan apalagi motor honda sekarang tidak menggunakan tutup rantai.
Pelumas yang baik bisa menggunakan pelumas khusus rantai bisa literan atau model sprayer. Dengan memakai pelumas khusus ini maka kotoran, debu, pasir tidak akan menempel dan rantai akan terlihat bersih selalu.
Selama saya memakai motor biasanya saya menggunakan rantai buatan SGP atau YM yang lebih awet dan ukuran tentunya sama. Motor bebek biasanya 420 - 104. Masalah harga bersaing namun lebih kuat dari genuine part nya.... bisa di buktikan. Namun jika anda berkantong pas-pasan, saya rekomendasikan memakai merek Indopart atau kembali ke Genuine part aslinya.
Untuk Gear biasanya saya mencari genuine part dari honda namun honda thailand karena lebih kuat yang jadi faktor utama adalah jenis bahan yang digunakan kualitasnya jauh lebih baik. Nah kalau ga ketemu juga genuine Thailand bisa pakai merek sun star karena memang sunstar adalah vendor honda di thailand dan di Indonesia sudah banyak yang masuk.
Kalau lokasi anda dekat atau di selatan jakarta yang murah dan bagus bisa ke daerah ''Batass" atau di impres karena biasanya saya beli biasa di 2 tempat tersebut.
Tip Busi
Untuk kabel busi sudah tentu bawaan dari koil. Nah ini yang suka di remehkan namun power full. yaitu tutup busi. Jika karetnya sudah aus atau kendor sebaiknya di ganti karena untuk menghidari dari kebocoran listrik. Biasanya kena air dikit pasti mogok deh terutama pada waktu hujan. Yang umum dipakai dan awet biasanya merek NGK.
Pemilihan busi juga sangat menjadi perhatian. Bagi anda yang pikirannya ekonomis namun kurang infomasi coba deh sedikit berfikir dari tip ini. Untuk busi jangan percaya sama racing karena biasanya busi tersebut buat moge yang panas mesinnya bukan main. Tapi ada 2
Untuk kabel busi sudah tentu bawaan dari koil. Nah ini yang suka di remehkan namun power full. yaitu tutup busi. Jika karetnya sudah aus atau kendor sebaiknya di ganti karena untuk menghidari dari kebocoran listrik. Biasanya kena air dikit pasti mogok deh terutama pada waktu hujan. Yang umum dipakai dan awet biasanya merek NGK.
Pemilihan busi juga sangat menjadi perhatian. Bagi anda yang pikirannya ekonomis namun kurang infomasi coba deh sedikit berfikir dari tip ini. Untuk busi jangan percaya sama racing karena biasanya busi tersebut buat moge yang panas mesinnya bukan main. Tapi ada 2
- Busi standar pabrik
- Busi Kwalitas premium
- Busi Kwalitas Iridium
saya
biasanya pakai yang no. 2 karena harganya cuma 20.000 dan bisa pakai salama 1
tahun. kalau iridium harganya cukup mahal sekitar 60.000-90.000 an bisa pakai
sampai 2 tahun. Ini berdasarkan pengalaman saya yang pakai 2 jenis tersebut.
Jadi lebih ekonomis kan jika pakai standar tetapi cuma 2 bulan. Tanda busi nya
penyakit adalah jika kita lewat jalan menurun dan posisi gas adalah minimal
atau biasanya terjadi letupan-letupan kecil itu biasanya tanda kalau busi
tersebut dan minta ganti.
Perhatikan Selang Bensin
Komponen
lainnya yang perlu diperhatikan selang bensin ke karburator. Jangan membiarkan
kondisi selang bensin mengeras atau terjadi retakan-retakan, karena bagian
dalam selang bisa jadi sudah tidak elastis yang mengakibatkan serbuk kotoran
yang berasal dari selang terbawa ke karburator. Yang pada akhirnya akan terjadi
penyumbatan suplai bensin dari tanki ke karburator sehingga mengganggu sistem
pembakaran.
Tip:
Karena kwalitas pom bensin kita atau proses distribusi dari depot banyak
mengandung karat besi maka sebaiknya setiap 2 atau 1 bulan kuras lah bak
karburator di kuras atau membuang semua bensin pada bak karburator pada baut di
bawah bak. Ini berguna untuk menghindari kemacetan pada pilot atau spuyer
karburator.
Panaskan Mesin 1 Menit
Panaskan mesin sebelum motor dijalankan, tak perlu lama-ama cukup 1-2 menit.
dan jangan di gas besar besar cukup hingga 2000 rpm saja. Ini supaya sirkulasi
oli bisa melumasi seluruh bagian dalam mesin yang bergerak. Jangan terlalu lama
memanaskan karena akan membuat pipa knalpot menguning selain itu pastinya jadi
buang-buang bensin.
Periksa tekanan angin ban
Jangan terlalu keras dan juga jangan kurang karena bisa berakibat kembang ban
motor rusak.
Gunakan
Selalu Sparepart Asli
Lebih baik mahal sedikit, tapi puas dan tahan lama daripada memakai yang tidak
asli, meski murah tapi tapi daya tahan kurang.
Tip
Sparepart asli bagus itu harus genuine namun jika anda punya pengalaman cukup
bisa menggunakan alternatif yang saya tuliskan diatas. karena dari segi ukuran
pasti sama namun dari segi bahan yang membedakan. Saya bukan meragukan produk
genuine sini tetapi secara pengalaman sudah membuktikan bahwa yang saya gunakan
diatas jauh lebih baik dari aslinya. Mau bukti ... silahkan coba....
Ok sobat selamat merawat motor Honda kesayangan, jika langkah-langkah tersebut
dilakukan dengan benar, motor kesayangan Anda senatiasa tampil prima
www.oassis.biz
tulisan yang bagus dan bermanfaat sekali....terimakasih untuk postingannya!
BalasHapus